Saturday, 31 August 2013

[ReBlog] Yang Bagaimana Yang Ditakan "MENG-INDONESIAKAN - INDONESIA"

Teringat apa yang pernah di utarakan niluh akan produk sepatunya “Sebagus apapun kamu membuat sepatu, kalau tidak di kemas dan di display dengan baik orang tidak akan sadar dan ngeh akan produk tersebut”.
Samapun dengan kesadaran bernegara, ketika lo menjadi orang asing di negeri yang jauh dari tempat tinggal lo, rasa  bangga menjadi ORANG INDONESIA itu sungguh-sungguh besar sekali.
Tempo hari ketika dengan tidak sengaja bertemu dengan beberapa teman lama dan bercerita tentang tetek bengek travelling, sampailah pada diskusi mengenai kesadaran bernegara melalui travelling. Ada seorang teman yang sempat mengatakan kebanyakan orang kita tidak meng-INDONESIAKAN Indonesia hanya karena lebih sering travelling & membuang uang ke negara orang lain dan jarang menyempatkan diri untuk menikmati keelokan negeri sendiri.
Hmmmm…okay itu pendapat mereka..Tidak Indonesia? membuang uang untuk negara lain? buat saya tidak sebegitunya juga sih.. beberapa kali memang saya lebih mempertimbangkan jalan ke negara lain karena beberapa alasan tertentu. Sebenarnya itu tidak juga bisa dikatakan tidak memiliki kesadaran bernegara, saya berani bandingkan betapa meluap-luapnya saya ketika ada seorang bule spanyol yang tidak tau indonesia, dan saya sangat antusias menceritakan keindahan negeri saya. Betapa bangganya saya memakai kaos bertulisakan “INDONESIA MY SWEET HOME” atau bertulisakan “I PROUND TO BE INDONESIAN” di negara yang menganggap remeh bangsa saya dan saya berusaha mengubah paradigma itu.
Berkunjung ke beberapa negara justru membuat saya lebih mengetahui betapa Indonesia mempunyai penilaian berbeda-beda dari masyarakat di suatu negara. Bagaimana Indonesia dianggap tidak terpelajar orang-orangnya atau bagaimana Indonesia telah mempunyai hubungan baik sebagai bangsa yang besar dan diakui oleh negara lain dan itu membuat bangga saya. Terakhir ketika ke Myanmar, berapa kali orang yang mengajak berkenalan selalu langsung menebak saya “Are you from Indonesia?” negara besar yang menanamkan banyak investasi di negara yang baru saja terinternasionalisasi setelah lebih dari setengah abad menutup diri.
Di Hostel-ketika saya di penang, seorang bule spayol yang mengatakan bahwa mentawai itu ada di malaysia dan saya jelaskan bahwa mentawai itu ada di sumatera-Indonesia, ia pun penasaran bertanya kepada saya:
 “Where’s Indonesia? so far from here?”
Akhirnya saya pinjam peta yang ada di hostel dan mulai menjelaskan peta Asia, dia manggut-manggut. Sedetik kemudian ia merespon: “I thought mentawai is in malaysia”
Yak, kita kalah diplomasi & kalah start dalam hal pariwisata memang, tapi ya mbok jangan kebangetan sampai tidak tahu negara selebar Amerika Serikat dan seluas  lebih dari Brazil ini..haduuuhhhhh…
Dalam suatu perjalanan pulang menuju Jakarta dari Solo, saya bertemu dengan bule ganteng dari Prancis namanya Hans. Dia udah 3 minggu di Bali, Yogya dan Solo. Tanpa berbasa-basi saya langsung bertanya “So, how’s Indonesia?”.
“Not sure to go here twice” kata Hans
“Why?” jawab saya dengan nada kaget+kecewa
“Everyone stare at me, and expensive”
Nah, jawaban blak-blakan dari turis yang baru aja ke Indonesia ini buat saya agak kecewa dan malu. Untuk mahal memang Indonesia mempunyai biaya hidup yang relatif mahal, terutama untuk turis yang dikenakan harga lebih tinggi dari masyarakat lokal. Budaya aji mumpung ini yang masih jadi PR bersama. Sudah selayaknya kita berpikir lebih jauh untuk ramah secara tarif pada orang asing yang berkunjung ke Indonesia untuk keberlanjutan penghasilan dengan menarik lebih banyak turis.
Ketika berkunjung keluar negeri, saya selalu berharap bertemu orang Indonesia. Berbicara dalam bahasa Indonesia di luar negeri dengan orang-orang yang kita temui adalah amazing! Dari situlah saya menyebut tumbuhnya kesadaran bernegara berbangsa, bahwa negara kita layak dibanggakan di mata Internasional.
Bagaimana dengan perjalanan ke dalam negeri? Terakhir gw ngetrip ke malang, saya agak tersentak ada orang yang berbaik hati mengajak ngobrol dan menunjukkan jalan ke air terjun tiba-tiba menarik biaya dari saya sebesar 200 ribu. Apa itu yang dikatakan keramahtamahan Indonesia?

Labels:

[ReBlog] Artis Bukan Pebisnis Bukan 5 Hari 2 Negara, 2 Pulau, 4 Moda Transportasi, Gaji Sebulan Abis 4 Hari. HORE!! (Redang, Kuala Terengganu)

Tempo waktu lalu saya habis ngetrip ke pulau redang. trip kali ini beda banget, biasanya kalo mantai jalan sendiri atau nge-triple sama teman yang sama-sama senang pantai. tapi kali ini bareng sama amel, gede + sapi. sebenarnya ini kayak reuni kecil SMA. karena saya kenal mereka pas SMA kecuali sama gede, gw udah kenal dari jaman SD. nah ini trip juga bisa dibilang reuni 2 tahun silam, waktu itu kita nge-seceng bareng. 
Awal mulanya amel ngajakin ke redang karena dia liat film korea..*gw lupa judulnya apa. dan itu syuting di itu pulau. siang-siang bolong ga ada ujan tu bocah bbm dan bilang “Neng, ke redang yuk..katanya ada dimalaysia” dan gw hanyuin aja..langsung deh pasukan di kerahin, gede+sapi juga lagi pada jenuh-jenuhnya kerja langsung di setanin dan serempak bilang “BERANGKAT!!
Kebetulan mandala lagi awal buka dan promonya lumayan gila, pas banget promo beli 1 gratis 1 langsunglah booked Jakarta - Kuala Lumpur - Jakarta. nah pas mau booked gw lupa kalau pulau redang di buka cuma dari bulan Maret sampe Oktober. November - Februari mereka tutup karena musim angin muson.
Sebelum berangkat ada aja kendalanya, mulai dari ada yang belum dapat ACC cuti sampe bener-bener ga dapat ACC cuti tapi tetep aja kabur…*Ngahaaahaaa..bos BNI ampe telepan telpon nyariin anak buahnya..
Cuman kejadian yang paling-paling waktu ketinggalan (eh ninggalin deng..berasa tajir) pesawat Kuala Lumpur - Kuala Terengganu. itu yah gedeg banget sebanget-bangetnya gw ama Air Asia Malaysia. jadi kita udah dateng sampai LCCT jam 5:30 pagi pesawat jam 7:00 begitu  sampe langsung check in kios tapi entah kenapa tiketnya si amel ga bisa di check in-in di kios, mesinnya bilang No seat for this ticket. nah lu..panik lah ya..cari sana sini ga ada orang air asianya akhirnya tanyalah gw ke security setempat dia bilang suruh langsung ke check in counter. dan lu tauuuuuuu conter check in di LCCT kan puuuaaannnjjjaaaannnggggnya ga manusiawi. orang pada mau taro bagasi, antrilah gw ama amel di situ ada kali sejam gw antri baru deh sampe di depan mba-mbanya, pas sampe depan apa tu mba-mba bilang kita di suruh pindah loket ke bagian khusus tanganin masalah ini dan sampe itu loket masih antri lagi. Pas banget sampe depan itu mba-mba malah bilang “kamu jelas ga bisa check in sekarang ini pukul 7:00 pesawat sudah mau berangkat”, lah gw jelasin duduk perkara sambil emosi amel jg emosi itu mba-mba ga mau tau..tetep nyalahin kita…shiitttt!!
yasudahlah karena amel ga bisa terbang, alhasil gw,gede ama sapi pun ga akan terbang walaupun kita ada boarding pass. akhirnya kita cari mushola sholat dulu + nenangin pikiran. sialnya abis sholat mau duduk-duduk sambil cari jalan keluarnya eh itu mushola mau ditutup…sueeeeeee..:(( keluarlah kita dan cari food court. sampe food court, gw langsung telepon orang redang dan kasih tau kalo kita ga jadi sampai hari itu, dan baru akan sampai keesokan harinya. selesai hubungin orang redang, keputusan di dapat untuk naik bis dari kuala lumpur ke terengganu. 
Naik bis ke terengganu 7 jam boooo..dan kita belum mandi seharian, karena pas malamnya kita sepakat ga akan mandi karena bakal berangkat ke LCCT jam 4 pagi, dingiiinnnn…eh ga taunya kudu naik bis dari hentian putra dan ga mandi…heeheeeee
Sampe kuala terengganu di jemput sama pihak resort, dan supirnya baik..dia punya pacar orang surabaya, makanya sama kami baik sekali. 
Pas udah sampai resort..mata seger bangetttt..liat laut pasirnya kayak pasir pantai di kupang, bersih putih dan kayak tepung..lembut banget..ketika check in petugasnya tanya kenapa bisa telat datangnya, dan gw ceritain tragedi AA..lu tau..ternyata dia juga pernah ngalamin, dan dia bilang itu menyebalkan banget rasanya pengen ngampar petugas air asia…*itu cuma gampar, gw pengen jedotin malah..
Sampe kamar karena ga tahan pliket, gw langsung mandi padahal abis ini juga bakal nyebur ke laut..tapi dari pada ikan-ikan mabok karena bau ketek gw, mending gw mandi dulu dah..
Snorkeling time akhirnya datang juga, hoooorrreee…..harusnya kami dapat snorkeling 3 kali (siang setibanya di redang, pagi ke mariem park & siang) tapi karena telat dateng jadi cuma sekali, dan melewatkan mariem park begitu saja. oya gw mau cerita dulu tentang redang, sebenarnya redang island ini kalau di kita kayak bunaken. redang termasuk dalam salah satu taman nasional yang dimiliki malaysia, niat gw dateng ke sini adalah karena ingin komper dengan nasional yang kita punya. mau tau isiannya seperti apa. tapi sayang karena belum sempat ke mariem park jadi ga bisa ngompare, cuma bisa ngompare atasannya aja. untuk bagian atas gw bilang ok lah..walaupun kalau dibandingin sama pantai sebelah timur indonesia masih juara pantai kita. tapi mereka pintar membungkusnya dengan resort-resort yang ada, jadi kebersihannya kejaga bangettttt…ada jam-jam tertentu petugas yang ngeratain pasir-pasir pantai, dan larangan buang sampah sangat berlaku keras disana, walaupun larangannya cukup keras meraka masih nyediain petugas untuk ngambilin sampah-sampah. so far title taman nasional pantas dimilikin pulau redang. kalau gw kompare sama bunaken yang sama-sama taman nasional, untuk atasan gw akui masih menang redang mungkin karena dia memberlakukan hukum kebersihan yang ketat banget, sedangkan di bunaken kita bisa liat sampah dimana-mana atasannya ga begitu ok kalau menurut gw. tapi kalau untuk dalemannya juara lah..walaupun lu bisa liat keindahan bunaken dengan benar-benar bagus kalau diving. kalau buat snorkeling diredang di spot yang gw datengin kemaren, ama seceng juga bagus seceng…mau kompare snorkeling di bunaken ama redang ya jauh dah ya..
So far trip kali ini nyenengin banget..banyak pengalaman yang belum gw dapet selama ngetrip sebelumnya..ninggalin pesawat, naik bus yang isinya orang mabok darat semua, ngangkat-ngangkat koper bocah-bocah pas di tangga LTR, kumpul bareng temen-temen, sesi cerita masalah kehidup pas malem-malem, ampe belanja till drop (bener-bener ampe ngedrop) di bukit bintang, ngejar kacang cestnut ampe ngutang-ngutang..seruuuuuu…
dan gw baru ngeh trip kali ini 4 Moda Transportasi kita lewatin sudah mulai darat, laut, udara, kereta kita lahap dalam 5 hari..dan gaji sebulan habis sudahhhhhhhhhh…HORE!!!
*Jatoh Miskin

Labels:

[ReBlog] Tips Bagi Yang Akan Melakukan Solo Travelling (Khususnya Wanita)

Kadang banyak orang pas denger kita akan travelling sendiri pasti reaksi pertama “iihhh sendiri? apa enaknya jalan sendiri?” atau “Gila! ngapain lu sendiri? ga takut apa?” atau kayak emak gw “Berangkat sendiri, awas aja nanti kalau balik jadi 2 atau 3?” haduuuhhhh…
Mencari rekan jalan atau “travel soulmate” itu susah-susah gampang sih..susahnya kadang setiap jalan yang kita butuhin adalah “Rekan-teman Jalan” bukan “Pengikut atau Follower”. Yang dibutuhin itu saling ngebatu memberikan informasi, mulai dari perencaan sebelum berangkat sampai nanti ketika jalan ga jarang lu dihapkan dengan pertimbangan-pertimbangan, nah disitu tuh gunanya rekan jalan tadi. ketika lu berhadapkan dengan pertimbangan-pertimbangan tadi, pasti yang lu butuhin dari seorang rekan jalan adalah untuk ngasih saran, ide, diskusi sampai akhirnya tercapai pada sebuah kesepatan dan keputusan. Bukan malah ketika lu  dihadapkan dengan situasi yang memerlukan pertimbangan & keputusan, dia hanya bisa bilang “seterah, gw ikut aja. gw kan ga tau medan” yah cape deh..gw juga ga tau kali..makanya cari tau sebelumnya. Kalau mau gampang dan ga mau susah ikut aja travel agen aja, tinggal duduk manis, ikut sana ikut sini tiba-tiba nanti udah sampai tujuan. Tapi selalu ada harga yang harus dibayar untuk itu semua itu…
Buat jalan senderi, sebenarnya ga usah takut lagi..yakin banget gw orang indonesia itu ada di penjuru bumi ini..kalaupun ga ada ya paling orang akan tertarik pas denger kata “INDONESIA” dan itu akan menjadi kesempatan buat lu nambah teman + dapet temen yakan..
Nih, ada beberapa tips buat kamuh-kamuh yang akan jalan sendiri (terutama solo travelling wanita):
  1. Yakini diri, bahwa kamu ga akan sendiri di kota tersebut. yakin pasti akan dapat teman selama perjalanan.
  2. Cari informasi terkait tentang tempat yang akan dituju. Kondisi sosial setempat, cari tau tingkat kriminalitas yang akan dituju.
  3. Bikin itinerary mau kemana aja kamu selama disana. Usahakan bikin satu sampai dua plan, jadi ketika plan ke satu tidak berjalan dengan baik, maka ada plan cadangannya. jadi agak meminimalisir kecenderungan untuk bingung dan bengong sejenak.
  4. Pakai sesuatu yang mencenderungkan identitas dari mana kamu berasal. misal, paka baju atau kaos yang menunjukkan identitas negara kamu berasal (seperti kaos bertuliskan indonesia, atau salah satu kota di indonesia).
  5. Senyum 3 jari ala model. cuma modal senyum duank orang akan ramah dan lama-lama pasti tergugah buat ngajak ngobrol, ini orang kok manis banget ya dari tadi senyum ramah banget dan pasti ada aja yang ngajak ngobrol.
  6. Tanya dan sapa terlebih dahulu. untuk kenalan sama orang cukup dengan menyapa “Hallo” “Hai” atau “Morning”. ini gw terapin selama perjalanan, apalagi pas di hostel efektif banget buat dapet temen. tiap pagi pas bangun tidur dan ketemu atau papasan ama orang jangn lupa sapa”Morning” + senyum pastinya..:)
  7. Jangan lupa selalu berdoa..emak gw selalu bekalin doa anti bala, katanya setiap pagi abis subuh atau sehabis shalat magrib janagan lupa doa itu dibaca, insyaallah kita selalu dalam lindungannya..
  8. Niat harus selalu tulus. Tulus dalam melakukan perjalanan & tulus mencari pertemanan. Dengan tulus semua akan terpancar dari aura kita dan percaya banget gw ama kalimat “apa yang kau tanam itu yang kau tuai” kalau lu tulus berkenalan untuk mencari pertemanan & menambah wawasan insyaallah tuhan akan memberikan apa yang kau niatkan.
  9. Jaga perkataan & kesopanan. sesuaikan dengan kultur setempat.
  10. Cari tau bahasa yang biasa digunakan ditempat yang akan di tuju. Apabila anda berpergiaan kedaerah yang menggunakan bahasa kurang familiar atau sulit untuk dimengerti gunakan bahasa dunia, semisal inggris. atau kalau ternyata penduduk setempat kurang mengerti bahasa inggris, bisa berlatih bahasa tarsan. nak ini yang saya lakukan saat travelling ke kawasan negara-negara indocina. bahasa inggris mereka yang sulit dicerna dan susahnya bahasa setempat untuk dipelajari, alhasil saya keluarin jurus tarsan..:)
  11. Simpan barang-barang berharga pada tempat yang aman. Paspor jangan lupa di fotocopy, kalau mau berpergian cukup bawa fotocopyan saja. saya kemarin sempet kalang kabut mencari paspor yang ketelesip dan lupa saya simpan dimana karena sering saya pindah-pindahkan. so bagi anda yang pelupa seperti saya, tarolah ditempat yang aman.

Labels:

[ReBlog] Bali Yang Serupa Tapi Tak Sama (Langkawi)

Awal tahun kemarin ada promo Air Asia yang Free Seat, tapi ga Free embel-embel, alhasil gw ambillah itu promo dengan tujuan Penang - Langkawi - penang. Apa sebab gw memilih dua kota itu? yang pertama sebenarnya tujuan utama gw pengen ke langkawi, tapi karena ga ada penerbangan yang langsung dari jakarta ke langkawi makanya gw ambil lewat jalur penang.
Tempo waktu sebelum gw pilih langkawi, gw sempet kemakan iklannya malaysia yang katanya truly asia itu dengan mengatakan bahwa langkawi adalah salah satu pantai terbaik di asia tenggara. Berkat iklan itu, tergugahlah gw untuk kesana. penasaran aja sih sebagus apa..
anddddd you know what?? pas gw dateng sana..yaeeelllaaahhh begitu duank taunya…gw kira sebagus apa gitu..mirip sama gili kombinasi kuta lah..tapi memang ada beberapa bagian yang jadi daya tarik mata.
kalau untuk masalah dunia bawah laut, malah masih bagusan seceng bagian utara dah…
tapi kalau untuk atasan, maksudnya pantainya sama kayak gili trawangan untuk pantai tengah, kalau pantai cenang lebih mirip ama pantai kuta, mulai dari pasir & ramenya orang dateng sama banget.
Kalau pemandangan emang ada beberapa sisi yang jarang diketemuin di bali, tapi lebih cenderung mirip ama pemandangan di kupang. Di jalanan itu pemandangan langsung laut dengan yatch-yatch juragan-juragan tajir di sana.
Suasananya jalanannya sepi banget dengan kualitas aspal jalanan yang cukup bagus, enak banget buat ngebut. Dari cenang ke kota kuah masih lewatin hutan-hutan dengan pemandangan latar dibaliknya laut andaman kerennn dan manjain mata banget..bahkan masih banyak moyet berkliaran di jalanannya.
Tapi tetap kl masalahbawah laut negara kita khususnya daerah timur…udah deh ampun jauh lebih bagus kemana-mana. Cuman memang malaysia pintar banget ngebungkus promosinya, sehingga bikin orang jadi terpikat..salah satu korbannya ya gw..
Oya di langkawi ada cabel car yang tersohor banget dan katanya nih dinobatkan sebagai cabel car terpanjang se-asia tenggara. Pemandangan bukit machicang dan laut andaman sungguh menghipnosis hasrat gw untuk pergi kesana.
Sukses Banget Deh Malaysia..

Labels:

[ReBlog] Where Is Indonesia? (As traveller you can look like an ambassador)

Jadi begini ceritanya, sewaktu di penang kemarin serig banget gw ditanya: 
“adik darimane asal?” “Seorang saja?” 
Nah kagetnya gw, ada beberapa penduduk lokal yang ga tau dimana itu jakarta. Hal ini gw alami ketika pas di dekat jetty gw moto gedug-gedung lalu ada ibu-ibu yang nyamperin gw dan berkata ”gedung disini lampau-lampau, mulai ujung sane sampai ujung sinie. Adik bise foto seluruh penjuru haghh.. adik dari mane?”
 Gw bilang “saya dari jakarta” 
Eh si ibu bilang “jakarta? Ape?” * dalam hati, apa gw salah ucap ya..
Sambil meyakinkan dia gw bilang ” iya jakarta, indonesia” 
Barulah si ibu itu ngeh dengan berkata ” haaggghhh orang indon rupanye..satu rumpun la kite..” dalam hati, aiiiihhh hari gini masih ada aje yang kagak tau jakarta…
Cuman yang lebih bikin menggelegar dan kaget gw, masih ada loh bule yang KAGAK TAU INDONESIA. 
Ceritanya pas malem-malem balik dari makan malem gw sempet duduk-duduk depan ruang tv di hostel, sambil nonton grey’s anatomy ada bule dari spanyol yang ikut nimbrung nonton juga dan tiba-tiba ngajak gw ngobrol. And you know what..pas dia tanya gw dari mana dan gw bilang, gw dari indonesia seketika dia tanya:
“Indonesia? Where is Indonesia? I never hear about Indonesia” 
berasa di samber petir gw dengernya…bujug deh hari gini kagak tau dimana Indonesia..ga belajar goegrafi apa yak di spanyol?? dan lagi-lagi ternyata Tsunami, Banjir dan Ariel Peterpan belum bergasil membuat Indonesia Menjadi Famous sodara-sodara..
Akhirnya seketika gw pinjem peta yang ada di hostel dan langsung jejelin ke dia. Ini nih indonesia.. dan akhirnya nih bule tercerahkan juga bahwa bali itu ada di dalam bagian teritori indonesia dan mentawai itu bukan di malaysia, tapi di sumatera indonesia.
 
Haaaggghhh rupanya “Wonderful Indonesia” harus bekerja lebih giat lagi, karena bule sepanyol ini kaga tau indonesia dimana, rasanya mau gue jedotin palanye. Ish

Labels:

[ReBlog] Perihal Tentang Penang Part 3 (Dibalik sebuah "Cap" Alay)

Perjalanan penang langkawi penang kemarin bener-bener ga abis kesan di bayangan dan memori gw. Ini perjalanan pertama solo traveling ke negeri orang. Tiap kali jalan atau check in penginapan selalu ditanya, seorang saja? Did you come here alone? Atau pas lagi mau foto dengan tripot dan sekitar situ ada orang lain yang liatin gw ujung-ujungnya selalu tanya you wanna take a picture for your self? Pertanyaan-pertanyan itu selalu ngehits banget selama 6 hari. Sebenernya kalau ditanya emang enak jalan sendiri? Jawab gw, selalu ada lebih dan kurangnya. Lebihnya, lu bisa sesuka hati lu mau ngapain aja dan gimana, rubah dari plan A ke B seketika ga akan masalah toh lu sendiri yang ngerasain. Jalan sendiri, lebihnya bisa bikin lu semakin peka dan sadar sekitar dan bikin analisa lu agak sesikit lebih tajam. Gw seneng banget merhatiin orang-orang sekitar selama perjalanan. Contohnya, kemarin gw sengaja banget duduk di terminal komtar merhatiin orang-orang sana bagaimana mereka berpakaian, berprilaku dan whatever lah yg tampak mata bisa bikin mata ini tertuju. Saat itu ada mas-mas yang nyalain lagu dari hp nya yang nada-nada pop melayu dengan kenceng-kenceng padahal itu di terminal loh.. tapi di buspun ga jarang juga sih dari mereka melakukan hal yang sama, nyalain lagu keuuunnnccceeeng dari hp…haddduuuhhhh!!
Dari situ gw kepikiran, sebenernya persepsi tentang tenaga kerja kita yang katanya kelakuan norak-alay, bukan karena norak & alay beneran. Tapi bisa jadi mereka mengadopsi perilaku masyarakat lokal yang memang begitu adanya, kalo kata bos gw ada istilah kata “tiru samakan pimpin” ya ga sih…??!
Nah, sekarang gw mau share ga enaknya jalan sendiri menurut gw.. ya ga enaknya ya itu..kagak bisa narsis…hahaaaahaaa…
Kalaupun bisa ya kudu minta tlng orang buat potoin atau siap-siap repot bawa tripot kemana-mana dan pasang muke tebel buat begaya sambil diliatin orang banyak. Cuman kalo minta di potoin orang ya kudu bisa terima hasilnya, kadang ada orang yang emang jago dan enak buat dimintain tolong potoin terus ampe lu dapet hasil yg lu suka, kadang juga ada yang motoin ala kadarnya aja. Ya namanya juga minta tolong yah dan dia bukan juru poto bayaran jd kudu tau diri juga sie..

Labels:

[ReBlog] Antara batik Kelantan dan batik Pekalongan. (Aku tertipuuuuuu...)

Masih tentag penang, dan gw pun masih di penang. Sebenarnya gw udah pernah post ini kemarin, tapi mungkin karena sinyal jelek banget jadilah apa yang saya pijet di hp ini ga tampak terpublis. Jadi ceritanya begini, tempo hari siang bolong habis telepon temen gw bulz dia minta di beliin kaos bertuliskan penang warna hitam. Alhasil karena udah puterin george town ampe 3x jadilah gw mampir ke chowrasta market. Sebenernya gw ga pernah menjadwalkan belanja di setiap perjalanan gw tp krn ini bingung mau ngapaindan terhipnotis suaranya bulz akan permintaannya kaki ini langsung melangkah.
Habis beli kaos seharga 10RM iseng-iseng masuk kedalam pasar, ada banyak batik. Penasaranlah gw batiknya dari depan kayak batik cirebon dan ada beberapa corak pesisir. Kayak batik embah gw..eh makin kedalam liat corak solo. Kebetulan saya terlahir dari ibu yang dahulunya adalah anak juragan batik di bekonang, solo - sebelum sampai akhirnya bangkruttttr….dari situ setidaknya saya tau sedikit tentang batik.
Ada satu batik yang menarik perhatian saya, corak bunga-bunga warna hitam rasanya liat batik itu seperti khas malaysia banget. Pas gw tanya sama pedagangnya ini batik mana dengan lirih si pedagang menjawab “batik kelantan”. Karena gw seketika inget emak dan karena si pedagang menawarkan harga yang lumayan (dari harga tawar 37RM, gw tawar 20RM dia mau loh booo…) gw ambillah itu batik..
Emang dasar gw yak..kagak detail dan teliti, pas sampai hostel gw liat di tulisannya “BATIK CAP RATNA made in PEKALONGAN” heeessssaaaahhhh siaaalllll ketipu gw…!!! pantes itu abang-abang pas gw bilang “corak batik pak cik seperti batik cirebon”, dia tanya gw asli suku mana…siaaalll!!!
So far pantes sodara gw yang sekarang masih bergelut ama batik ga hawatir banget kalau orang malaysia ngaku-ngaku batik adalah warisan budayanya.. ya jelas mereka ga bisa bikin batik, cuma bisa jual kagak ade kreatip-kreatipnya. Ini nih mungkin yang bisa di bilang amdo…main ngaku-ngaku tapi ga tau asal usul dan proses gimana cara buatnya…
Dan saya “SANGAT BANGGA DENGAN HASIL KARYA NEGERI INI”

Labels:

[ReBlog] Perihal Tentang Penang Part 2

Gw mau cerita pengalaman gw di omelin ama salah satu TKI kita pas lagi nunggu bus di komtar. Jadi sore itu tepatnya jam 4:30 sore hari, gw mau ke esplanade karena berhubung abis jalan dari chowrasta market lanjutvlurus ketemu lah komtar dan udah ga kuat buat jalan, jadi gw mau naik bus aja. Busnya lama banget datengnya, mungkin karena sudah agak sore menjelang malam jadi sudah agak sedikit. Alhasil gw tanya sama mba-mba itu yang ga taunya salah satu TKI asal samarinda, namanya kak isyah.
Gw: Kak, free bus jam segini masih adakah?
kak Isyah: hah, adalah..tunggu saje la..
Gw: baik terimakasih
kak Isyah: nak pegi mane?
Gw: Esplanade
kak Isya: ha? Mane?
Gw: Esplanade kak..*sambil nunjukin peta..
kak Isyah: haaahh padang kota lama ni..kao seorang saje kah?
Gw: iya..*sambil ngeluarin senyum 3 jari andalan ala model ..
kak Isya: Dari mane asal?
Gw: Jakarta kak * untung doi ga bilang asl pls..:)
Kak Isyah: seorang saje? Ada kawan di mari? Nginap dimane?
Gw: sendiri saja, tak punya kawan dimari, ada kawan tapi di kuala lumpur. Menginap di lebuh chulia, love line.
Dari tampang kak isyah keliatan bingung, dia langsung tanya sudah bayar penginapan? Brp? Pas gw ksh tau semalam gw bayar 50RM dia tambah bingung. Katanya itu mahal la.. dalam hati gw, yah itu aje udh yang paling murah se-hostelworld. Ternyata dia pikir, gw TKI yg baru sampai di sini. Ya Allah tampang gw apa tampang mba-mba inem yak..
Dari situ dia nyaranin gw buat pulang ke penginapan aja, dan jangan ke esplanade sore itu. Kata dia nanti bus balik nya jarang, bakal susah pasti. Tp hati gw tetep kekeuh mau ke sana sore ini, soalnya ngejar lampu gedung di malam hari. Biar ga ngecewain dia gw langsung pasang siasat dan jurus pamungkas, gw iya in aje ape katenya.
Pas sedang cerita-cerita gw tanyakalao mau beli oleh-oleh manisan dimna ya kak? Dia ksh tau di chowrasta market, harganya tp agak mahal sekitar 15000 kalau di rupiahin. Nah pas di kasih tau harga dengan rupiah gw baru ngeh kalo dia itu WNI. Alhasil gw tanya, kakak asli mana? Di blang aku orang banjarmasin. Owaaalllaahh…
Ga lama bus dateng, sambil ngingetin gw untuk jangan ke esplanade sekarang dia juga bilang kalau pakai kerudung itu di tutup lehernya…heehee gw bilang ini sudah di tutup kak..kakn pakai ninja..:D kata dia yang rapih lah.. gw cum bisa nyengir aje..
Dari situ gw dapet cerita dia, knp ga blh ke esplanade skrng karena kadang kl sudah malem jarang bus dan suka banyak orang india pada mabok. Jadi dari pada bahanya gw di suruh pulang aja.

Labels:

[ReBlog] Perihal Tentang Penang Part 1

Dua hari di penang, gw perhatiin setiap laki-laki yang naik motor dan pakai jaket, pasti jaketnya di balik. Resleting di belakang tanpa di kancing. Ga tau kenapa, padahal kl di timbang dari segi keselamatan bajal bahaya kan yah..kl kena angin dan jaketnya melorot kan bikin riweh.
Buat para wanitanya, kita cukup bangga sebagai orang indonesia, karena apa? Karena selera fashion orang indonesia lebih tinggi dari orang malaysia. Ampe-ampe gw ditanya sama salah satu gadis ya kisaran sebaya ama gw tanya beli rok dan kaos dimana? Eeee bujug..dia bilang bagus kali style kao..bahhhaaahaaa berasa jadi model bener gw..di bus banyak banget orang liatin gw, dalam hati ini gadis cantik dari mana ya? Kok bisa-bisanya nyasar naik bus..begitu kali ye…heeeheee PD bet gw..:D
Tapi asli, kalo diperhatiin mereka umumnya pakai baju kurung, tapi jilbab kagak necing. Nabrak bangettt…ada lagi yang pakai jilbab tapi tangan pendek..elllaaahhh macam jilbab gaol kali ya kl di kita.
Terus kalo perhatiin tingkah laku TKI kita macem-macem deh, ada yang tipe masih malu-malu ada yang udah cuek aja. Pas pulang dari esplanade gw bareng ama 2 TKI sehabis pulang kerja. Yang satu pakai baju rapi banget, yang satu pakai tengtop kayak bule-bule yang kebanyakandi penang. Tapi yang pakai tengtop ini mines banget. Knp mines? Belakangnya masih ada sisa bekas kerokan booo…
Sambil dadah-dadah dari bus, gw perhatiin ooohhh ternyata dia dadah sama temennya yang sepertinya warga asing. Karena mba baju tengtop itu bilang ke temannya, tuh kan bener to..dia dadahi aku balik..yeeeeeaaahhh…aku ga level sama orang indonesia, karo bule atau cino lah aku. Heeettttdddaaahhh…
Oya gw sempet terpikir sebelumnya mau dateng ke acara kumpul-kumpul warga ina di penang, dapat info dari kak isyah kalau mereka ada perkumpulannya namanya IPMI, biasanya acaranya pengajian tapi ternyata udah kemarin sabtu..jadi mungkin next time lah ya..

Labels:

[ReBlog] Helloooo…I’m in penang now…:)

Ini kali pertama gw travelling sendiri ke negeri seberang. So far ok..ya cuma seperti biasa namanya jalan sendiri susah ya bs narsis, harus tunggu ada org lewat ato traveller lain buat minta tlng motoin.
Dua hari di penang rasanya sama kayak di kota, bangunan tua + cina merajalela sodarah.
Beberapa kali ketemu sama orang indonesia tapi ya gitu deh oma + opa. Kalaupun ada anak muda dia sedang antar mama papa nya berobat. Entah apa bagusnya rumah sakit sini, sampai buuuuaaannnyyyaaakkkk banget orang indonesia kesini cuma buat berobat.
Pas kemarin gw berangkat dari jakarta satu pesawat isinya oma sama opa-opa gitu. Awalnya gw tanya oma mau berobat disini? Di rm sakit apa? Dia bilang gleneagles hospital. Lah..ngapa jaoh-jaoh yak..di lippo karawaci bukannya ada? *dalam hati gw.. gw tanya lagi,oma sakit apa? Dia bilang habis jatuh tangannya patah. Gw sautin aja, papa saya kemarin juga sama seperti oma habis jatuh dan di bawa ke siloam gleneagles karawaci, alhamdulillah sehat. Ga lama dia nyautin oooo kamu mau ke penang bukan untuk bekerja? * dalam hati jangan-jangan doikira gw TKI lagi ama ini nenek..
Gw bilang saya mau ke langkawi, sebelumnya mau lihat-lihat penang dulu.
So far dari pembicaraan orang-orang ini katanya rumah sakit disini lebih akurat diaknosanya, dokternya ramah + jauh lebih murah. Kalau masalah murah gw ga ngarti deh apanya yg di bilang murah satu ringgit aja gw beli 3220. Berobat di siloam periksa gigi, cuma bayar alat duank abis 150.000 *dokternya ga bayar soalnya temannya mami…heehee
Dua hari di sini kebanyakan ketemu peranakan indonesia yang udah tinggal lama di penang, pas tunggu bis gw ketemu sama pak cik…*lupa namanya…dia bilang sudah tinggal di penang dari usia 9 tahun bapaknya yang asli bandung dulu ikut orang kerja sebagai petani sampai sekarang pak cik ini tinggal dan beristri orang penang asli. Oya doi guru loh..dan sempet curhat masalah kurikulum malaysia yang akan di standarisasi. Lah..sama aja problemnya dengan indonesia, tapi kenapa kebanyakan orang kita pada pergi ke malaysia buat belajar di sini y..
Pas dia tau gw anak lulusan pendidikan yang notaben nya jurusan kurikulum, langsung dia tawarin buat mampir ke rumahnya buat makan siang.tapi sayang gw ngejar waktu buat keliling penang dengan CAT bus sebelum berangkat ke langkawi.

Labels:

[ReBlog] Apa pun itu saya hanya seorang "PEJALAN"

Akhir-akhir ini istilah backpacker lagi santer banget..banyak buku-buku bertemakan backpacker, banyak travel tour bikin paket backpacker..lagi ngejamur banget lah..
Dulu gw seneng banget kalo ada yang bilang “lo backpacker ya?” tapi kesini-sini gw miki..buat gw itu cuma istilah, bahkan cenderung mengotak-ngotakkan siapa lu…
Sebenarnya inti dibalik kata backpacker adalah orang yang melakukan perjalanan dengan low-cost, menggunakan ransel, dengan durasi yang lama & yang terprnting berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Sedangkan gw selama ini tidak semua-mua gw laksanain. Kl low cost iya, secara memang budgetnya emang adanya segitu. Masalah bawa ransel, gw lihat lebih kearah simple aja, masa iya lu pergi ke pantai dengan dorong-dorng koper. Dengan durasi yang lama, saya belum pernah pergi dengan memakan waktu 1 bulan, 2 bulan, paling lama adalah seminggu. Kenapa durasi yang lama ini muncul dibalik istilah backpacker? Karena mungkin kata backpacker itu sendiri berasal dari barat sana, orang sana kalau libur lu tau sendiri lama..bisa sebulan sampai dua bulan. Sedangkan kita yang notabennya orang indonesia paling lama cuti dalam setahun adalah 12 hari. Tujuan dari persyaratan ketiga ini adalah untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitar, semilas mengetahui budaya sekitar, belajar mengenai kebiasaan sekitar. Walaupun selama perjalanan saya juga menggunakan transportasi setempat, tinggal di pemukiman penduduk, ngobrol dengan warga sekitar tapi tidak dengan waktu yang cukup untuk belajar bahkan memahami sebuah budaya setempat.
Teman saya pernah bercerita, dia baca artikel disalah satu maskapai penerbangan yang membahas tentang perbedaan turis dan traveler. Si penulis membedakan hanya berdasarkan pada siapa yang ngatur. Kalau turis diatur segala keperluannya, mulai penginapan sampai dengan transportasi oleh seseorang atau lembaga yang bisa disebut travel biro atau agent. Jadi, semisal kalian ikut jalan bareng sama orang tapi hanya sekedar ikut ngintil saja, ga tau mau kemana dan sama sekali ga tau kondisi sekitar, terima bersih mau kemana dan ngapain, budget juga ikut saja, maka penulis tersbut mengategorikan anda sebagai turis. Sedangkan traveler mengatur semua hal sendiri. Ga ngebedaiin apakah penginapan yang diinapi akan membedakan turis dengan traveler. Jadi mau tinggal di hotel atau hostel, kalau kita atur sendiri si penulis akan mengategorikan anda kedalam traveler. Ada lagi istilah flashbackpaker, yaitu pelancong yang tidak menggunakan jasa agen travel, tapi tetap memperhatikan kemudahan dan kenyamanan, sehingga dana yang dikeluarkan cukup besar. 
Seiring berjalannya waktu, bagi saya lebel-lebel seperti itu tidak begitu penting. Saya tidak menyebut diri saya sebagai backpacker, tapi saya memang melakukan perjalanan dengan cara traveling secara independen dengan anggaran minim. Demikian juga turis, explorer, observer, dll, buat saya itu adalah label-label saja. Ada backpacker yang menolak dirinya disebut turis dan keukeuh minta disebut traveler. Buat saya ya lucu aja, karena sebenarnya backpacker itu juga turis yaitu sama-sama mencari hal-hal yang eksotik yang beda dari kehidupannya demi kesenangan sendiri.
Sebut saja saya pejalan, karena saya tidak melakukan semua kategori backpacker seperti diatas yang saya sebutin tadi, apalagi yang sampe mengorbankan tingkat kenyamanan saya. Well awalnya saya melakukan traveling untuk mencari hiburan; kabur dari rutinitas sehari-hari. Saya kurang suka mengotak-ngotakkan karakter. Ada yang bilang turis itu lame, backpacker itu keren. Orang menganggap backpacker lebih jagoan. Tapi menurut saya yang terpenting adalah bagaimana anda mengekspresikan perjalanan anda. Bagi saya traveling, pengalaman  personal masing-masing individu. Itulah kenapa saya kurang suka mengotak-ngotakkan karakter. Turis vs traveler. Backpacker vs suitcaser. Orang boleh menyebut apa saja , saya tidak permasalahkan hal itu selama saya senang dengan apa yang saya lakukan saat traveling. Intinya sih, mau seperti apa gaya jalan-jalan anda, selama tidak merusak alam dan budaya setempat, itu jauh lebih dari sekedar embel-embel nama.

Labels:

Some an Intro

Holla!


Hope this blog finds you well or at least dying for holiday. ;p
The name ‘Fakir Cuti’ means a person who need to take some rest and dying for holiday/vacation all the time. Which is ME. :D
For me, holiday is not always going far from home but how the day goes with fun and no-work-attached. It could be just having a sleepover at a friend’s house or going outside the city (could be still in Indonesia region or abroad).
In this blog, i will try to write all about it and hopefully there are some pictures attached.
Kinda wish you like the way i’m telling my story :)
cheers!

Me - Fakir Cuti

Labels: