Sunday, 1 September 2013

Ransel VS Koper?? SO WHAT GITUH!!!

Informasi sebelum baca: tulisan Ini dibuat berdasarkan pengalaman temen gw.
Awalnya gue pikir istilah pejalan hanyalah merujuk kepada gaya liburan atau jalan-jalan. Tetapi makin kesini, itu sudah seperti menunjukkan gengsi pejalan. Pejalan satu merasa lebih ciamik daripada pejalan lain dengan gaya liburan yang berbeda.
Ambil contoh untuk istilah backpacker. Berhubung temen gw selama ini liburan membawa bawaan koper, sering kali kupingnya panas denger komentar model begini:
“Yah yu, pake ransel dong. Masa koper gitu sih? Ga heits bener.”
Jelas aja doi naik pitam dan ngomel sambil bawa golok dengan berkata:
"BOK! Emangnya kenapa kalo gue liburan bawa koper? Emang gue minta bayarin tiket liburan sama lo lo pada?  Emang gue pernah minta lo bawain koper gue?"
*ngahaaahaaa macan utan ngamuk membara...
Tapi dari situ ada benernya juga sih kenapa doi ampe ngamuk begitu..
FYI gw udah beberapa kali jalan sama doi dan kopernya, kalo doi manggil si koper dengan panggilan sayang "SIMERAH". Gw inget banget pas kemarin jalan ke KL, Si merah ini pernah beratnya 22kg (gegara juragannya kalap borong sepatu ama tas vinci), ampe kudu masuk bagasi tapi sukses di selundupin ke cabin dan itu doi angkut sendiri tanpa bantuan orang lain. Gak nyusahin pol!
Belum lagi ketika harus naik turun tangga LTR yang berpuluh-puluh anak tangga, dengan gagah doi angkat geret ampe panggul pun sendiri..*super bener emang ini bocah..:)
Gw fikir kenapa gitu klo dia liburan pake koper artinya doi orang kaya?? Amin yue lo didoain jadi orang kaya...:)
Tapi sayangnya pakai koper tidak berarti liburannya luxurious juga sih..informasi aja harga koper temen gw itu  yg brandnya ternama itu harganya CUMA 300ribuan rupiah, kenapa gw tau? Orang belinya ama gw..haahhhaaa *sorry yue kebuka..x))
Biar murah tapi awet muda banget bro, dipakai membabi buta dari taon 2010. Gak pernah rewel, dibersihkan pun gampang *katanya..
Nah sekarang gw mau bandingin ama harga ransel orang-orang yang menyebutkan dirinya hits nan  cetar membahana itu?
Setau gue ga ada ransel yang bisa ngangkut berat 22 kg dengan harga 300ribuan Rupiah, meski itu merek lokal (jangan bahas seken ya, OOT!). Dan kebanyakan mereka pake ransel yang berbrand du***r nyang tersohor ituh...lo pada tau sendiri harganya berapa ciinntt?? mempesona banjreeettt..
Jadi yang horang kayah itu yang mana yak??

Walaupun gw selama ini setiap kali jalan menggukan ransel, tapi pertimbangan gw lebih kepada kepraktisan pribadi. Karena gw termasuk orang yang pelupa berat so..sepertinya lebih praktis dan aman kalau semua gw bawa bareng dengan tubuh ini.
Menurut gw bawa backpack pun juga ada plus minus-nya..Praktis? Jelas Ya.
Muat banyak? So-so lah.
Nyaman? Hmmm gak juga sih menurut gw. Yang ada malah kadang muncul backpain. Wajib hukumnya untuk membawa koyo di ransel..haahaaahaa
Dulu gw beli backpack item kesayangan ini pas mau mudik 2011 dan titah dari emak buat bawa baju masing-masing dan tanggung jawab bawa masing-masing. Alhasil pas lewat Tandeak cipulir ada sale lafuma gila-gilaan..mayan ga lebih dari 200ribu gw udah dapet si item manis 35lt...ampe sekarang pun masih setia menemani kefakiran cuti saya..ngaahaahaaa...

Balik lagi kemasalah lebel-lebelan yang bermula dari koper vs ransel, kenapa sih pada enggan dibilang turis?
Bukankah kita sebagai tamu didaerah baru – bukan tempat tinggal kita – itu termasuk kategori turis?
Emangnya ada statistik formal suatu wilayah “Jumlah backpacker/flashpacker yang berkunjung selama 2013“? Yang ada juga statistik formal jumlah turis lokal atau mancanegara selama tahun 2013.
So we all – the travelers – are tourist in front of the legal view.
I think there is nothing wrong with ‘tourist’ label.
“Tapi klo turis itu kan cuma foto-foto doang, makan enak doang, gak pake susah..turis banget deh.”
Ok “turis banget deh” itu apa sih definisinya? Dan kenapa konotasinya negatif?
Emangnya klo backpacker atau flashpacker itu pejalan yang lebih baik dari sekadar turis? Dude, come on. Don’t be lebay on the label deh.
Turis itu gak mau susah? Ya think?!?!

Dengan high pressure di kantor dan cuti-terbatas-sampe-minta-cuti-sehari-aja-dramanya-bermalam-malam jelas dong kalau kita worthed mau liburan yang santai, menikmati pemandangan dan leyeh-leyeh bergembira. Tapi apakah berarti gak mau bergaul dengan penduduk lokal? Tidak menjunjung adat setempat?
Ya, nggak dong. Tidak semua turis tidak mau berbaur dengan warga lokal dan tidak semua flashpacker/backpacker mau berbaur dengan warga lokal. Sering koq gue liat para flashpacker/backpacker ngobrol asik dengan sesamanya, bahkan cenderung bergerombol.
Balik lagi ke soal lebel-lebelan, salah seorang teman pernah ngomong gini: “Pejalan itu layak diacungi jempol, they’re willing to step out from the comfort zone. Mau berkenalan dengan dunia.”
Saya agak giman gitu with his statement.
Regardless the label or traveling-style, it is every traveler’s right to step in at new place. To learn local wisdom, to find a new way of life, to capture the beautiful scenery, and to share it with the loved ones back home.
Let’s stop arguing on who-is-better-on-travelling and just travel, shall we?

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home